Tuesday, 14 May 2019

Apa itu VPS untuk website?

Bagi sebagian webmaster istilah VPS mungkin sudah cukup akrab bahkan sebagian diantara mereka telah menggunakannya. Akan tetapi tidak sedikit juga diantara mereka yang sama sekali belum mengerti apa itu VPS apalagi memakainya. Sebenarnya apakah itu VPS dan digunakan untuk apa VPS itu ? Pada artikel ini saya akan membahasnya.

VPS yang merupakan singkatan dari virtual private server merupakan suatu server yang dibagi-bagi menjadi sejumlah VM (Virtual Server Machine ) yang pada tiap Virtual Server Machine itu sudah terinstall sebuah sistem operasi (os). Untuk Os yang terinstall pada suatu vps ini bisa berupa os windows maupun linux. Tentunya masing masing memiliki kelebihannya tersendiri.  VPS ini bisa digunakan untuk berbegai keperluan misalna saja untuk VPN, Mail Server, DNS Server, SSH Tunneling, Proxy dan menggunakan VPS sebagai hosting dari sebuah website.

Terdapat beberapa alasan kenapa menggunakan VPS untuk website ini diantaranya adalah adanya keleluasaan untuk mengcustomisasinya, dan juga jika dibandingkan dengan menggunakan sebuah shared hosting untuk sebuah website menggunakan sebuah vps relatif lebih reliabel. Hal ini karena jika kita menggunakan sebuah shared hosting saat terjadi sebuah gangguan pada salah satu server akan mempengaruhi server lainnya, sedangkan jika kita menggunakan vps gangguan suatu server tidak akan mempengaruhi server lainnya. 

Salah satu VPS yang sering digunakan untuk hosting adalah VPS linux karena memiliki beberapa kelebihan seperti cukup hemat resource, harga relatif terjangkau dan aman. Karena hal itulah tidak mengherankan jika saat ini terdapat banyak sekali layanan webhosting baik dalam maupun luar negeri yang juga menyediakan VPS linux dengan berbagai variannya. Satu diantara layanan webhosting yang menyediakan Vps Murah di Indonesia ini adalah domainesia.

Di domainesia kita bisa mendapatkan VPS dengan harga mulai dari 100 ribu rupiah perbulan. Dengan harga 100 ribu ini kita akan mendapatkan sebuah vps dengan spek yakni RAM 512 MB, 1 CPU Core 10 GB SSD, Unlimited Bandwidth, serta 100 Mbps Network. Adapun untuk spek dan harga lengkap dari pakel VPS lain di domainesia adalah sebagai berikut :

Tentunya setelah kita membeli vps ini kita bisa menggunakannya untuk menghost website kita. Untuk melakukannya sendiri tidaklah terlalu susah. Kita bisa menginstal panel seperti webuzo maupun yang lainnya untuk lebih memudahkan dalam mengelola vps kita tersebut.

Dan yang tidak kalah pentingnya dalam menggunakan VPS adalah faktor keamanannya. Meskipun bisa dibilang vps ini relatif aman akan tetapi justru serangan dari hacker maupun yang lainnya terjadi karena kesalahan kita sendiri. Misalnya saja kita menggunakan password yang mudah diteebak, terlau pendek dan sebagainya. Hal yang sama sebenarnya juga berlaku pada akun akaun internet kita lainnya misalnya saja email, facebook, dan akun jejaring sosial lainnya. Seringnya orang bisa memasuki akun kita karena paswword yang kurang kuat. Karena itulah ada baiknya jika kita melakukan pergantian password jika dirasa kurang kuat. Toh melakuan pergantian password ini tida memakan banyak waktu dan untuk melakukannya cukup mudah. Misalnya saja untuk cara ganti pasword gmail kita tinggal buka setting gmail , pilih account and import dan ganti password dari gmail tersebut.
\
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top