Spesifikasi dan Harga Huawei P20

Huawei P20 (Mainland China version) black

Perkembangan smartphone dewasa ini bisa dibilang sangat pesat. Hal ini nampak dari cukup banyaknya smarphone dengan fitur fitur terbaru yang beredar di pasaran baik itu di  dunia maupun di Indonesia. Brand brand yang memproduksi ponsel pintar pun sudah sangat banyak dan bervariasa yang tentunya berbeda dengan kondisi di awal tahun 2000an di mana ketika itu ponsel pintar hanya diproduksi oleh segelintir brand besar.

Satu diantara brand smartphone yang belakangan ini cukup sering merilis smartphone adalah huawei. Brand yang berasala dari negeri tirai bambu ini tercatat telah merilis beberapa smarphone androidnya di tahun ini dan tahun tahun sebelumnya. Beberapa smartphone yang dirilis oleh huawei akhir akhir ini antara lain adalah huawei P30, huawei P30 pro, P30 lite, nova 4e, P20 dan beberapa tipe lainnya. Namun karena terbatasnya sarana maka yang akan saya tulis kali ini adalaj tentang huawei P20 baik itu dari segi spesifikasi, fitur maupun juga harganya.

Huawei P20 merupakan salah satu produk smartphone android yang diperkenalkan oleh huawei pada bulan maret tahun 2018 dan dirilis sebulan kemudian. Adapun spesifikasi dari huawei P20 ini adalah sebagai berikut :

Body
Huawei P20 memiliki dimensi ukuran yang cukup besar yakni 149.1 x 70.8 x 7.7 mm dengan bobot seberat 165 gra. Adapun material atau bahan pembuatan dari huawei P20 ini adalah Front/back glass & aluminum frame. Pilihan warna yang tersedia pada huawei P20 adalah Twilight, Black, Midnight Blue, Pink Gold.

Display
Layar tipe LTPS IPS LCD capacitive touchscreen dengan 16 juta warna digunakan oleh huawei sebagai saran displaynya. layar ini memiliki ukuran sebesar 5,8 inch dengan resolusi 1080 x 2240 pixels.

Platform
Smartphone ini menggunakan Os android oreo dan osnya tersebut sudah bisa diupgrade ke Os versi terbaru saat ini yakni nadroid Pie. Untuk urusan processornya sendriri huawi membenamkan processor Octa-core (4x2.4 GHz Cortex-A73 & 4x1.8 GHz Cortex-A53). Sedangkan untuk urusan graphic huawei menggunakan GPU Mali-G72 MP12.

Memori dan Penyimpanan
RAM yang digunakan pada huawei p20 ini adalah 4 GB atau 6 Gb tergantung dari versi smartphonenya. Demikian juga untuk urusan penyimpanan internal ada huawei P20 dengan penyimpanan internal sebesar 64 GB dan ada juga yang menggunakan internal storage 128 GB.

Kamera
Untuk kamera utamanya yakni kamera yang ada di belakang ponsel huawei menggunakan dua kamera yakni sebuah kamera dengan resolusi 12 MP, f/1.8, 27mm (wide), 1/2.3", 1.55µm, OIS, PDAF & laser AF dan kamera berresolusi  20 MP B/W, f/1.6, 27mm (wide), 2x lossless zoom, PDAF. Sedangkan untuk kamera selfie yang berada di bagian depan memiliki resolusi 24 mega pixel.

Network dan Konektivitas
Layaknya smarphone smartphoen keluaran terbari lainny, Huawei P20 juga sudah menggunakan teknologi 4G LTE. Sedangkan untuk urusan konektivitas selain bisa menggunakan 3.1, Type-C 1.0 reversible connector, huawei ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa sarana konektivitas nir kabel seperti bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, GPS dan lain sebagainya.

Baterai
Sevbagai sumber tenaga huawei P20 ini dibekali baterai jenis Li-Po dengan kapasitas sebesar 3400 mAh. Dan baterainya sendiri adalah bateri non removable.

Harga Huawei P20
 Untuk masalah harga dari huawei P20 ini cukup bervariasi, antara toko yang satu dengan yang lainnya biasanya berbeda, ya meskipun perbedaannya tidak terlu jauh sih. Sebagai contoh untuk harga dari Huawei P20 di blibli ada di kisaran harga 8 jutaan.