Peralatan yang Perlu Kita Siapkan Sebelum Mendaki Gunung


Melakukan kegiatan di luar ruangan (outdoor) seperti hiking dan mendaki gunung belakangan ini telah menjadi hobi dari sebagian orang. Mereka melakukan hal tersebut tentunya dengan alasannya masing masing. Ada yang hobi naik gunung karena memang kecintaannya terhadap alam, ada yang sekadar ikut ikutan dan ada juga yang melakukannya agar nampak eksis di sosmed.

Namun apapun alasan keika sesorang memang berniat untuk mendaki gunung setidaknya dia harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Baik persiapan fisik, mental maupun perlengkapan pendakaian yang akan digunakannya. Persiapan fisik misalnya adalah dengan memastikan bahwa kita berada dalam kondisi yang sehat dan mampu untuk melakukan aktivitas outdoor tersebut

Adapun untuk jenis perlengkapan pendakian yang perlu untuk dipersiapkan antara lain adalah sebagai berikut : 

1. Carrier
Carrier atau tas gunung adalah salah satu peralatan penting yang perlu dipersiapkan sebelum mendaki. Dengan carrier ini kita bisa membawa peralatan yang dibutuhkan selama pendakian. Carrier meskipun mempunyai fungsi utama yang sama dengan tas backpack biasa akan tetai juga ada perbedaannya yakni carrier didesain sesuai bentuk tubuh manusia sehingga meski seseorang menggunakan carrier selama berjam jam tida terasa sakit. Untuk para pendaki beberapa merk carrier yang bisa dipilih antara lain adalah eiger, consina, deuter, naturehike dan lain sebagainya. Kalau memang kita adalah seseorang yang sering melakukan pendakian memiliki carrier merupakan hal yang perlu untuk dilakukan. Akan tetapi jika kita hanya mendaki gunung sesekali tidak membeli carrier pun sebenarnya tak masalah karena ada beberapa tempat yang saat ini menyewakan perlengkapan pendakian gunung termasuk juga carrier.

2. Pakaian yang Dipakai
Mendaki gunung berarti kita harus bersiap untuk menghadapi perubahan suhu yang cukup drastis. Untuk itu diperlukan jenis pakaian yang sesuai. Beberapa jenis pakaian yang perlu untuk kita sediakan sebelum mendaki diantaranya adalah jaket gunung yang terbuat dari bahan waterproof dan windproof. 

Selain jaket soal pakaian yang dipakai mendaki baik itu bagian atas maupun bawah juga perlu diperhatikan. Usahakan menggunakan pakaian yang nyaman dipakai dan usahakan menggunakan bahan yang quick dry seperi perpaduan katun dan polyester. Pastikan juga ukuran pakaian tersebut tida terlau sempit sehingga tubuh tidak lecet lecet. Unutuk pakaian mendaki baik atasan maupun bawahan ini kita bisa memilih dari berbagai brand. Misalnya saja kita bisa membeli celana eiger untuk keperluan tersebut. 

Beralih ke bagian alas kaki, kita bisa memilih untuk menggunakan sandal gunung atau sepatu gunung sesuai dengan medan yang ditempuh. Akan tetapi beberapa orang menyarankan untuk menggunakan sepatu karena relatif lebih aman.

3. Trekking Pole
Trekking pole atau tongkat pendaki juga perlu untuk kita bawa. Alat ini sendiri berfungsi untuk menjaga keseimbangan ketika naik dan turun gunung.

4. Tenda
Biasanya saat mendaki gunung kita akan bermala juga di sana. Karena itu tenda perlu juga untuk kita bawa. Pastikan menggunakan tenda dengan bahan yang sesuai.  Selain membawa tenda kita juga bisa membawa sleeping bag untuk keperluan tidur kita.

5. Peralatan Memasak dan Makan
Hal penting lainnya yang perlu untuk kita bawa adalah peralatan memasak beserta bahan makanan dan juga makanan yang siap makan. Untuk para pendaki peralatan memasak yang bisa dipakai misalnya adalah kompor spiritus, nesting, sendok, piring , gelas dan lain sebagainya.

6. Obat obatan P3K
Obat obatan jenis tertentu perlu juga untuk kita bawa. Misalnya saja betadine, plaster luka, dan lain lain