Wajib Tahu, Manfaat Payroll Software Indonesia Bagi Perusahaan


Payroll software Indonesia - Pengelolaan administrasi keuangan perusahaan merupakan hal krusial yang perlu dikelola dengan baik dan benar. Ketepatan dalam penghitungan gaji karyawan merupakan sebuah keharusan karena dapat memberikan pengaruh pada reputasi dan kredibilitas perusahaan. Oleh karena itu dibutuhkan tenaga ahli dari tim akuntansi dan HRD yang mampu melakukan perhitungan gaji karyawan secara cepat dan tepat.
Namun tak dapat dipungkiri, penghitungan gaji karyawan dengan metode manual memiliki tingkat kesalahan yang cukup tinggi karena data harus dimasukkan satu persatu secara manual. Sehingga jika dikerjakan dengan tidak teliti, akan berdampak pada kekeliruan data yang telah dimasukkan. Untuk itu diperlukan adanya suatu sistem yang dapat membantu tim HRD, yaitu payroll software. Lalu apa saja manfaat software tersebut bagi perusahaan?
Data Karyawan Tersimpan Dengan Aman
Manfaat pertama sistem payroll adalah data karyawan yang tersimpan dengan aman pada sistem tersebut. Karena salah satu jenis data yang tertera dalam payrollsoftware adalah identitas diri berikut besaran gaji yang diterima setiap karyawan. Data tersebut termasuk data yang rawan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, sehingga payroll software memprioritaskan keamanan data yang tersimpan di dalamnya.
Efisiensi Karyawan HRD
Untuk dapat melakukan penghitungan gaji secara manual dengan jumlah karyawan kurang lebih 100 orang dalam satu hari, dibutuhkan setidaknya 5 orang staf HRD berpengalaman. Lain halnya jika perusahaan menggunakan payroll software Indonesia yang dapat memudahkan kerja staf HRD, sehingga perusahaan dapat memangkas jumlah staf HRD menjadi 1 atau 2 orang saja. Hal ini tentu berpengaruh baik pada pengeluaran anggaran perusahaan dalam hal penggajian. Karena semakin sedikit jumlah staf HRD tentu akan semakin berkurang pula anggaran yang semestinya dikeluarkan untuk membayar gaji staf HRD.
Dapat Disesuaikan Dengan Kebutuhan Perusahaan
Berbeda perusahaan berbeda pula kebutuhannya. Karena setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda, sistem payroll dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Contohnya saja perusahaan skala kecil yang tidak membutuhkan terlalu banyak fitur jika dibandingkan dengan perusahaan skala besar, mengingat jumlah karyawannya tak begitu banyak sehingga kebutuhannya pun tidak begitu besar.
Efisiensi Waktu
Dengan sistem payroll, perusahaan dapat memangkas waktu yang diperlukan oleh tim akuntasi dan HRD untuk melaksanakan proses penggajian karyawan setiap bulannya. Sebelum menggunakan payroll software, mau tak mau mereka harus menghitung manual mulai dari uang gaji pokok, uang lembur, uang transport, uang makan, uang bonus, dan lain-lain. Tentu pekerjaan ini membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi guna meminimalisir kekeliruan data yang dapat berakibat pada penghitungan ulang. Terlebih bagi perusahaan besar, tentu pekerjaan ini cukup merepotkan jika tidak dibantu oleh sistem payroll.
Demikianlah manfaat payroll software Indonesia bagi perusahaan. Guna meningkatkan kemajuan serta kinerja karyawan, segera gunakan sistem payroll untuk perusahaan Anda.