Tuesday, 19 May 2020

Perangkap tikus vs lem tikus: Mana yang lebih baik?


Problematika kemunculan tikus-tikus di rumah Anda tidak jarang sering membuat pusing kepala. Tikus menjadi salah satu sumber berbagai jenis penyakit-penyakit berbahaya bahkan mengancam nyawa Anda dan keluarga yang Anda cintai. Adapun beberapa jenis penyakit yang dimaksud berupa hantavirus, leptospirosis, rat bite fever, hingga meningitis. Anda tentu tidak ingin penyakit-penyakit yang telah disebutkan tadi menghantui rumah tangga Anda bukan? Oleh karena itu, diperlukan sebuah upaya yang serius dari Anda untuk membasmi tikus-tikus yang sering berdatangan di rumah Anda.
Sebenarnya, ada berbagai cara yang bisa Anda pilih untuk mengusir atau membasmi tikus-tikus tersebut. Dua di antara cara-cara yang sering digunakan adalah dengan memasang perangkap tikus di rumah Anda atau memakai lem tikus cap gajah. Namun, di antara kedua cara ini, manakah yang dirasa lebih efektif dalam membasmi tikus di rumah Anda? Ulasan berikut akan memandu Anda ke jawaban yang Anda butuhkan terhadap pertanyaan ini. 
Perangkap tikus
Perangkap tikus biasanya berupa penjepit untuk menjerat tikus-tikus di rumah Anda. Anda bisa memasang perangkap tikus di sudut-sudut rumah Anda karena biasanya tikus-tikus akan sering melewati daerah-daerah tersebut di dalam rumah Anda. Di sekeliling perangkap tikus tersebut, Anda harus letakkan makanan sebagai bahan untuk menarik perhatian tikus agar mendekati ke perangkap Anda. Perangkap akan bekerja dengan baik ketika kaki tikus atau salah satu badan tikus sudah mendekati perangkap. Perangkap akan menjepit tikus tersebut.
Sayangnya, kelemahan dari metode perangkap tikus ini adalah tikus yang Anda jebak belum tentu Anda temukan dalam kondisi mati. Oleh karena itu, mau tidak mau Anda harus membunuh secara manual tikus-tikus tersebut sebelum Anda buang. Selain itu, Anda juga membutuhkan masker serta sarung tangan ketika Anda akan melakukan kontak secara langsung terhadap tikus yang Anda jerat agar tidak terinfeksi penyakit-penyakit yang dibawanya. Cukup rumit bukan?
Lem tikus cap gajah
Cara kedua untuk mengusir tikus adalah dengan menggunakan lem tikus cap gajah. Berbeda dengan perangkap tikus, lem tikus cap gajah dapat dikatakan lebih efektif dalam mengusir tikus. Tikus-tikus akan terjerat di atas lem yang melekat erat di atas papan atau karton yang Anda gunakan. Hal positif lainnya yang diberikan oleh lem tikus cap gajah adalah Anda tidak perlu memberikan makanan sebagai umpan tikus tersebut. Anda bisa langsung menutup dan membuang tikus-tikus yang sudah terjerat dan mati, sehingga resiko Anda terkena penyakit bawaan tikus tersebut semakin rendah.
Kekhawatiran terhadap bau dan racun juga tidak akan Anda temukan jika Anda memilih lem tikus cap gajah ini. Gunakan lem tikus cap gajah jika Anda menginginkan hasil yang cepat dalam waktu singkat untuk mengusir salah satu hewan pengerat di rumah Anda ini. 

\
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top