Thursday, 25 June 2020

GENSET TIDAK BERFUNGSI DENGAN NORMAL

Seperti halnya dalam menggunakan suatu hal, perlu diperhatikan langkah-langkahnya. Begitu pula dengan penggunaan genset. Jika, dalam penggunaanya tidak sesuai, maka genset tidak akan berjalan secara optimal.

Berikut beberapa penyebab, mengapa genset tidak berfungsi dengan normal:

1. Ada angin yang masuk ke injeksi genset. 
Ini merupakan keadaan di mana saluran injeksi bahan bakar terisi oleh udara yang mengakibatkan tekanan solar menjadi berkurang dan tidak dapat mengalir dengan baik sampai ke ruang bakar. Terjadinya masuk angin bisa disebabkan oleh pengisian bahan bakar yang terlambat hingga habis atau komponen sistem bahan bakar seperti selang, filter, solar atau pun injektor ada yang mengalami kebocoran atau longgar.

2. Baterai atau aki genset tekor.
Jika genset Anda tidak bisa di-starter, Anda harus melalukan pengecekan pada kondisi aki genset. Karena bisa jadi aki genset Anda tidak cukup kuat untuk menggerakan mesin ketika pertama dinyalakan. Akibatnya, putaran menjadi kurang tinggi dan kompresi bahan bakar pun tidak sempurna sehingga mesin gagal untuk menyala.

3. Jarang panaskan genset.
Genset yang susah menyala bisa jadi dikarenakan genset jarang dipanasi. Ketika genset lama tidak digunakan, oli pelumas yang melumasi mesin akan kembali ke tangki oli karena gaya gravitasi. Onderdil mesin yang tidak terlindung dengan pelumas, komponen-komponen mesinnya bisa berkarat dan tersangkut satu sama lain.

4. Mesin macet
Teknisi menyebut ini dengan istilah jammed atau macet. Mesin yang mengalami hal tersebut dikarenakan mesin mengalami overheating atau kepanasan. Overheating terjadi ketika genset beroperasi, pembakaran di ruang bakar dan gesekan antara material mesin menghasilkan panas yang tinggi. Jika sistem pendinginan atau pun pelumasan mesin terganggu, panas pada genset menjadi berlebihan.

5. Bahan  bakar yang tercampur air. 
Jika mesin genset Anda susah menyala, bisa jadi karena bahan bakar pada mesin tercampur air dan mengakibatkan jumlah solar yang masuk ke dalam ruang bakar menjadi berkurang dan tidak mampu menggerakan mesin dengan sempurna. Air di dalam bahan bakar juga dapat menimbulkan karat dan mengganggu kerja sistem injeksi sehingga mesin menjadi macet dan bahkan sulit untuk dinyalakan kembali.

Jika genset Anda tidak berfungsi secara normal, perhatikan beberapa hal diatas, dan langsung diatasi, agar tidak bertambah menjadi kerusakan yang parah. Agar genset Anda tidak mengalami beberapa kendala, beberapa cara perlu dilakukan untuk mengatasinya. Untuk mengetahui Rental genset murah bisa mengunjungi https://sewatama.com/id/ untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 
\
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top