Beberapa Penyebab Mengapa Mobil Tidak Bisa Distarter

 


Salah satu masalah yang cukup sering dialami oleh para pemilik mobil adalah mobilnya susah atau bahkan tidak bisa distarter. Masalah ini cukup merepotkan apalagi jika kita sedang ada keperluan mendesak yang butuh menggunakan mobil. Untuk itu ada baiknya jika kita mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah mobil tidak bisa di starter ini.

Akan tetapi tentunya sebelum melakukan tindakan untuk mengatasi masalah mobil tidak bisa distarter terlebih dahulu kita harus mengetahui apa penyebabnya. Karena sebenarnya masalah mobil tidak bisa distarter ini sendiri ada berbagai jenis penyebabnya sehingga cara mengatasinya juga berbeda beda.


Diantara penyebab dari mobil tidak bisa distarter yang umum kita temui di masyarakat antara lain adalah karena :


Aki Bermasalah

Salah satu sebab paling umum dari mobil tidak bisa di starter adalah karena aki mobil yang bermasalah. Seperti kita ketahui aki merupakan sumber tenaga listrik utama dari sebuah mobil yang digunakan untuk berbagai keperluan termasuk juga melakukan starting mobil. Dan biasanya aki yang sudah lama dipakai akan tekor atau soak sehingga daya listrik yang ada didalamnya tidak mencukupi untuk melakukan starter mobil. Untuk masalah ini ada baiknya kita rajin mengecek kondisi dari aki dan jika sudah tak layak pakai sebaiknya segera saja ganti dengan yang baru.


Masalah aki yang menyebabkan mobil tidak bisa distarter tak hanya terjadi pada aki lama yang sudah soak, pada aki baru pun terkadang bisa saja mobil tak bisa distarter karena pemasangan aki yang salah misalnya terbalik antara positif dan negatifnya. Untuk itu ada baiknya jika kita mengganti aki dan belum paham betul maka serahkan saja pada ahlinya baik itu lewat bengkel resmi ataupun tempat lainnya.


Ada Kabel yang Kurang Baik Sambungannya

Jika aki masih bagus kondisinya dan pemasangannya pun sudah benar akan tetapi mobil masih sulit untuk distarter maka bisa saja penyebabnya adalah karena sambungan kabel kelistrikan yang kurang bagus ataupun putus. Karena itu sebaiknya lakukan pemeriksaan sambungan sambungan kabel kelistrikan yang ada pada mobil. Tak hanya kabel kabel saja yang perlu untuk kita periksa kita juga perlu memeriksa sambungan dari sekring apakah putus ataukah tidak.


Masalah Pada Kunci Kontak

Penyebab selanjutnya dari mobil tidak bisa distarter adalah karena masalah pada kunci kontak mobil. Kunci kontak yang bermasalah ini bisa karena ada goresan sehingga tidak pas lagi dengan socketnya ataupun. untuk masalah ini solusinya bisa dengan mengencangkan kunci kontak sehingga tepat pada soketnya.